Hasil Penyusunan Grand Strategi Sub Sektor Animasi Bekraf-IKJ
Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kekayaan alam, seni, dan budaya. Dengan memaksimalkan seluruh kekayaan lokal yang dimiliki, kita akan dapat memajukan ekonomi kreatif di Indonesia. Yang lebih terutama, ekonomi kreatif Indonesia akan memiliki keunikannya sendiri sebagai salah satu kekuatan untuk bersaing di dunia internasional.
Visi Indonesia menjadi negara sejahtera dapat dicapai melalui aspek Industri dan mengoptimalkan Ekonomi Kreatif, salah satunya adalah melalui subsektor animasi yang memiliki tujuan menjadikan animasi Indonesia bisa mandiri dan menguasai pasar di dalam dan luar negeri. Melalui produk animasi yang mengoptimalkan kekuatan lokal yang unik. Untuk mencapainya harus dilakukan dengan memperkuat fondasi melalui kekuatan lokal, kepedulian akan lingkungan sosial sekitar, serta melalui inovasi, dengan tiga pilar utama riset, capacity building, dan pengembangan bisnis menuju produk animasi yang bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
Selain itu, strategi untuk menjadikan animasi Indonesia bisa mengangkat branding karakter yang bisa menginspirasi anak-‐anak dan remaja Indonesia melalui tayangan animasi yang dibuat oleh para kreator animasi local yang saling berkolaborasi, bukan hanya untuk produk animasi melainkan untuk produk-‐produk subsektor pendukung di 15 subsektor industri dan ekonomi kreatif Badan Ekonomi Kreatif. Dengan seluruh potensi yang dimiliki, Harapannya industry animasi Indonesia harus mampu menjadi inspirasi dan menjadi acuan bagi industri lainnya.
Sinergi antar pemangku kepentingan yang terkait, baik instansi pemerintah, dunia bisnis, pendidikan, dan komunitas juga memiliki peran penting untuk saling mendukung program ekonomi kreatif. Oleh karena itu, sebuah rancangan yang mengaitkan seluruh rangkaian kegiatan sangat dibutuhkan untuk mencapai visi yang telah ditetapkan.
Berdasarkan inilah maka Badan Ekonomi Kreatif menyusun Grand Strategi dan Roadmap subsektor animasi Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan institusi Institut Kesenian Jakarta sebagai panduan dalam program pengembangan ekonomi kreatif terutama di subsektor animasi. Ini masih merupakan langkah awal menuju rangkaian sinergi kegiatan yang berhubungan dengan rencana strategis hingga di tahun 2019, sehingga acuan ini tidak hanya sekedar menjadi sebuah panduan yang bisa dimanfaatkan untuk membangun industri animasi secara merata dan lebih terstandarisasi. Grand Strategi dan Roadmap Subsektor Animasi Badan Ekonomi Kreatif.
Jakarta, Desember 2016