Tentang Animakini

Latar Belakang

Dari hasil penyelenggaraan Animakini pada 8-10 November 2017 yang lalu, banyak memberikan catatan menggembirakan terhadap perkembangan animasi Indonesia baik dari segi prestasi di pendidikan, dan sumber daya manusia di bidang animasi secara personal maupun sebagai sebuah industri produk maupun jasa, serta distribusinya. Begitu juga kolaborasi kerja antar kampus, dan studio animasi untuk menghasilkan karya animasi mulai terlihat.

Contoh menggembirakan dalam dunia pendidikan animasi, sekelompok mahasiswa Indonesia dari Universitas Surya dan Unikom Bandung, berhasil menang di ajang kompetisi Asiagraph di Taiwan pada Agustus 2017, mengalahkan 19 tim dari negara Asia seperti Jepang, Taiwan, Korea, Filipina, Malaysia, dan lainnya. Secara individu beberapa animator Indonesia, Fieranny Harlita juga tampil sebagai pemenang di ajang Digicon Asia 6, di Jepang pada November 2017. Sebagai sebuah intelectual property (IP) film layar lebar Battle of Surabaya terus mengukir prestasi di tingkat internasional di luar 20 penghargaan lainnya, terakhir di Milan Film Festival 2017, dan Toronto film festival 2018 di Kanada. Begitu pula IP Cican, karakter animasi karya Wahyu Aditya dari Hellomotion yang berhasil lolos untuk mengikuti ajang temu investor dengan stasiun TV global untuk didistribusikan secara internasional di ajang Asian Animasi Summit di Melbourne Australia.

Disisi produk animasi layar lebar, tayangan “Si Juki the movies” berhasil menggaet penonton sekitar 600 ribu orang, yang menjadi sejarah bagi tayangan animasi Indonesia menjadi lebih menggairahkan sebagai sebuah kebanggaan baik bagi penontonnya maupun bagi studio-studio animasi untuk berlomba menghasilkan karya-karya animasi lain yang lebih banyak dan semakin berkualitas. Walaupun ada satu tayangan animasi yang kurang menggembirakan dalam meraih jumlah penonton di bioskop seperti “Kris Knight”. Namun itu bisa menjadi bahan pembelajaran bagi para pelaku industri animasi bahwa setelah produksi film animasi selesai, masih ada tahapan dan strategi dan membangun jaringan yang baik dengan pihak-pihak terkait untuk menyukseskan penayangan animasi Indonesia.

Tayangan animasi Indonesia di televisi pun silih berganti menampilkan serial baru yang lebih segar seperti Unyil 3d yang sebelumnya tayang di TV berbayar Telkom Usee TV pada Agustus 2017 saat ini sedang tayang di Trans 7. Riska dan Gembul animasi 3d dari Mikairu entertainment juga tayang di MNC TV, Pada awal Mei 2018 Serial baru dari Studio Mpict, DOA, Doyok, Otoy, dan Ali Oncom, karakter kartun yang berasal dari lembar berita bergambar di Koran Poskota saat ini sudah di animasikan dan tayang setiap hari di MNC TV sejak bulan Mei lalu dan meraih rating yang tinggi pada jam penayangannya setiap Kamis 19.00 WIB. Pada awal Juni dari PT Bumi Langit studio pun mengeluarkan produk animasinya berjudul Patriot Cilik yang tayang di stasiun TV Anteve. Semakin banyak konten animasi Indonesia yang tayang di televisi membuat animasi Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri mengikuti animasi-animasi lainnya seperti Adit Sopo Jarwo di MNC TV, Kiko di RCTI.

Dalam hal kolaborasi antar studio, sudah diuji melalui proyek Si Unyil 3D dari tahun 2016-2017 kerjasama Pusat Film Negara, Telkom, PGN, dan Bekraf yang dikerjakan secara simultan oleh studio member dari asosiasi animasi AINAKI, dikoordinasi oleh BASE Bali, didistribusikan kerjanya ke Kumata, dan Pawitra dari Bandung, Mocca dan Hompimpa dari surabaya, Manimonki Solo, Kasatmata Yogyakarta, dan Bambu Bali, yang menghasilkan 1 season tayangan sebanyak 52 episode dengan durasi 22 menit per-episode. Hal ini menjadi pembelajaran penting dalam berkolaborasi antar studio dalam menghasilkan standar internasional dalam produksi animasi, yang menjadi syarat apabila salah satu studio animasi Indonesia mendapatkan proyek coproduction dengan studio global, persyaratan jumlah SDM minimal 200-300 orang bisa terpenuhi.

Di ranah media online seperti kanal Youtube yang memberi ruang bagi animator Indonesia menampilkan karya mereka, salah satunya karya dari studio Tantri Animation di Bali, tayang di Youtube channel mereka yang membuat serial animasi Hantu Indonesia sudah ditonton oleh 25 juta orang, bahkan tak sedikit yang berjaya di ajang festival animasi nasional dan internasional. Setiap tahun juga banyak digelar festival animasi baik oleh pemerintah melalui beberapa kementerian maupun swasta dan komunitas animasi.

Untuk meningkatkan kontribusi subsektor animasi membutuhkan sinergi dari berbagai stakeholder serta pelaku dalam ekosistem animasi Indonesia secara keseluruhan, sehingga diharapkan bisa terjadi percepatan dan efektifitas kerja serta program-program dalam memperluas dan memeratakan pengembangan sektor-sektor produktif di bidang animasi tidak hanya terpusat di Jawa tapi merata ke penjuru Indonesia. Berdasarkan pertimbangan tersebut dibutuhkan forum untuk berbagi pengetahuan anatara pelaku dalam ekosistem animasi agar dapat mendorong langkah-langkah yang dibutuhkan saat membuat program kolaborasi yang efektif antara pendidikan, industri, komunitas, pemerintah, dan media sehingga mencapai tujuan dalam meningkatkan pendapatan ekonomi kreatif dari sub sektor animasi.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dengan kesadaran nilai-nilai budaya yang dimiliki Indonesia melakukan kegiatan pengelolaan untuk menggali potensi ekonomi khususnya sub sektor animasi. Dengan berputarnya roda ekosistem industri animasi dari setiap unit yang melibatkan interaksi timbal balik dari konsepsi ide, produksi, distribusi, eksibisi, apresiasi, dan pendidikan yang saling berkait berkesinambungan. Sehingga peran industri, pendidikan, dan pemerintah bisa berjalan baik untuk memajukan ekosistem animasi ini. Diharapkan dengan penyelenggaraan Animakini 2018 ini semakin menambah konten-konten animasi yang berkualitas baik dari SMK animasi dan kampus-kampus karena daalam kegiatannya terdapat sesi Seminar akademik, Talkshow, screening, masterclass, Lomba animasi antar kampus dan SMK, dengan mengundang praktisi, akademisi yang terlibat dalam perkembangan animasi Indonesia.

Our Speakers

This is sample of page tagline and you can set it up using page option